Rabu, 12 Agustus 2009

Sehat Jalani Hubungan Jarak Jauh

Sehat Jalani Hubungan Jarak Jauh

Menjalani Long Distance Relationship (LDR) atau hubungan jarak jauh memang tidak mudah, butuh usaha lebih keras untuk mempertahankannya. Kegagalan pun kerap terjadi dan memicu stres pada beberapa pasangan. Ini dia tips sehat membina LDR.

Pasangan yang terpisah jauh dan jarang bertemu secara langsung memang berisiko lebih tinggi mengalami stres karena gejolak emosinya yang naik turun, dan hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh jika tidak diatasi dengan benar.

Berdasarkan survei yang dilakukan secara online oleh Marie Claire terhadap pasangan yang membina LDR, ini dia tips sederhana yang dilakukan oleh beberapa pasangan agar tetap sehat menjalani hubungan jarak jauh, seperti dikutip Senin (3/8/2009).

1. Hindari Berdebat Jika Tidak Setuju
Sebaiknya pasangan yang menjalani LDR harus belajar mendengarkan satu sama lain, karena pasangan yang terpisah jauh umumnya berkomunikasi lewat telefon, dan menjadi pendengar yang baik adalah langkah awal yang tepat.

Menurut salah seorang responden, jika terjadi perbedaan pendapat atau ketidaksetujuan ketika berkomunikasi, jangan pernah berdebat. Mengikuti nafsu amarah adalah bencana untuk pasangan LDR.

Hindari sebisa mungkin percakapan-percakapan yang mengundang konflik. Fokuslah pada satu topik ringan ketimbang topik berat dan pikirkan terlebih dahulu resiko apa yang mungkin muncul jika Anda mengatakannya.

2. Usahakan Selalu Segar
Disinilah keuntungan menjalani LDR. Setiap pasangan akan tertantang untuk bisa mempertahankan hubungan tetap segar apapun caranya.

Berkirim ucapan melalui kartu atau memberi kejutan hadiah-hadiah kecil bisa memperkuat hubungan emosional dengan pasangan. "Kami selalu merasa seperti pasangan baru dengan melakukan hal-hal kecil seperti itu. Kami juga selalu bertelepon jika saat tidur tiba, agar kalimat 'I love you' selalu tergantung hingga waktu menelfon di pagi hari tiba," ujar seorang responden.

Jangan lupa selalu menyegarkan perasaan masing-masing dengan mengingat memori-memori indah sewaktu masih bersama. Ketika Anda sudah tidak menemukan lagi titik persamaan, itu artinya sudah waktunya saling mengingatkan betapa pentingnya memori itu.

Jadi jangan ragu memberi hadiah 'hanya untuk kejutan', surat cinta jaman dulu atau memanggil nama pasangan dengan panggilan lucu.

3. Berkomunikasilah Tiap Hari
Seorang responden wanita yang terpisah ribuan mil dari pasangannya yang sedang menjalani latihan militer selama tiga tahun menyebutkan bahwa rahasia menjalani LDR adalah dengan komunikasi tiap hari.

Klasik memang, tapi itulah kunci nomor satu untuk tiap pasangan. Bagi pasangan normal, membicarakan hari-hari yang terlewati justru bisa memicu kebosanan dan kecurigaan yang berlebih.

Namun bagi pasangan LDR, lebih sering berkomunikasi akan lebih baik, karena Anda tidak terlibat secara langsung dengan kehidupannya sehingga rasa penasaran akan selalu muncul dan menjadi topik yang tidak akan ada habisnya.

Rasa bosan mungkin saja muncul, tapi singkirkan perasaan itu segera dengan mengingat kembali komitmen awal dan carilah topik-topik yang selalu update. Jangan lupa lakukan morning call atau berikan pesan singkat cinta setiap harinya.

4. Jalani Hidup Masing-Masing
Sadarilah, pasangan Anda memiliki kehidupan lain juga yang harus dijalani selain berhubungan dengan Anda. Jangan egois atau memaksakan sesuatu yang tidak mungkin dilakukan oleh pasangan.

Kebanyakan wanita kerap memaksakan pernikahan hanya karena rasa kangen yang tidak terbendung lagi terhadap pasangannya. Pria pun sering dibuat kesal dengan kelakuan wanita yang seperti itu.

Jalani hidup masing-masing dan bersabar adalah kunci penting dalam menjalani LDR. Masa depan penting juga untuk dibicarakan, tapi jangan pernah memaksakannya sebelum Anda berdua benar-benar siap.

Yang paling penting pula, jangan sampai hubungan pribadi Anda menjauhkan Anda pribadi dari kehidupan sehari-hari bersama teman atau keluarga.

Memberikan ruang sejenak untuk kehidupan masing-masing bisa menjadi obat mujarab juga untuk menjaga agar LDR tetap langgeng.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar