Rabu, 12 Agustus 2009

Sarapan Jangan Diabaikan

Sarapan Jangan Diabaikan

Alasan tidak sempat membuat banyak orang sering mengabaikan sarapan. Padahal tradisi makan pagi sebelum beraktifitas wajib dilakukan agar konsentrasi belajar dan kerja tidak terganggu.�

Dilansir dari dietbio, Sabtu (11/7/2009) sarapan adalah makanan yang dikonsumsi pada awal hari. Karena pada saat tidur tubuh tetap beraktifitas dan membakar 500-600 kalori maka pada pagi harinya tubuh butuh asupan kalori kembali.

Saat sarapan tubuh kita perlu 25% dari kebutuhan kalori perhari, yang berarti 400-550 kcal untuk wanita dan 670 kcal untuk pria. Jika kita mengabaikan sarapan, maka kita akan mengemil dan mengkonsumsi sesuatu yang membuat pola makan kita tidak seimbang, akibatnya bisa kegemukan (overweight).

Saat perut kosong karena tak sarapan tubuh tidak akan menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk efisiensi di pagi hari. Sehingga pada saat jam 10-11 siang akan timbul kelelahan dan kelaparan yang merusak konsentrasi kita.

Sarapan yang sehat juga dapat memberikan kontribusi untuk penurunan berat badan, meningkatkan memori dan konsentrasi, serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Makanan yang paling baik untuk sarapan adalah buah, karena cepat diserap dan bisa langsung memulai proses metabolisme.

Selain itu bisa juga dengan mengkonsumsi sereal di pagi hari yang akan memberikan tubuh Anda karbohidrat yang diperlukan oleh tubuh dan membuat badan lebih berenergi.

Semangkuk sereal sudah dapat memenuhi kebutuhan sarapan yang dapat mencegah untuk mengemil di kantor dan akhirnya bisa mengurangi berat badan. Makanan yang sehat dapat membuat sehat sepanjang hari.

Seseorang yang melewatkan sarapan memiliki kesulitan dalam berkonsentrasi, khususnya di jam-jam sebelum makan siang. Sarapan yang bergizi dan penuh akan vitamin dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan daya kerja. Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsi gula, karena setelah gula hilang maka konsentrasi akan berkurang.

Seseorang yang tidak sarapan, membuat asupan energi yang dibutuhkan oleh tubuh diambil dari glukosa darah. Ini menyebabkan kadarnya akan menjadi berkurang, yang mengakibatkan kesehatan dan keseimbangan tubuh terganggu.

Akibatnya adalah badan menjadi lemas, kepala pusing, mengantuk, letih dan lesu, serta berpengaruh pada daya konsentrasi dalam berpikir dan bekerja.

Secara keseluruhan manfaat sarapan adalah meningkatkan kekuatan dan ketahanan stamina saat beraktifitas, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan konsentrasi dan kemampuan menyelesaikan masalah. Serta koordinasi yang baik antar panca indera, mengontrol berat badan, mengurangi kelelahan dan mengantuk saat beraktifitas.

Jadi, mulai sekarang jangan pernah mengabaikan sarapan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar